Uncategorized

Tips Dalam Memasang Panel Tenaga Surya

Matahari adalah salah satu sumber energi yang tidak terbatas dan gratis untuk kita gunakan. Hal inilah yang membuat ada banyak sekali orang yang begitu tertarik untuk menggunakan panel tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah mereka.

Yang menjadi masalah adalah panel tenaga surya ini membutuhkan perlindungan khusus dalam pemasangannya. Oleh karena itu tidak direkomendasikan bagi orang awam untuk melakukan pemasangan panel tenaga surya ini.

Namun jika anda benar-benar ingin melakukan pemasangan sendiri panel tenaga surya ini atau anda berada di lokasi yang tidak terjangkau oleh bantuan tenaga teknis, maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda perhatikan pada saat melakukan pemasangan panel tenaga surya ini.

Yang paling pertama harus anda lakukan adalah mencari tahu bagaimana pola pergerakan matahari di atas langit baik yaitu pada saat musim panas maupun pada saat musim hujan. Hal ini sangat penting karena matahari biasanya akan terus bergerak dari selatan ke utara dan begitu juga sebaliknya.

Pastikan pada saat matahari bergerak tidak ada benda yang menghalangi matahari. Baik itu pepohonan maupun dinding rumah tetangga anda. Karena jika sinar matahari terhalang oleh pepohonan atau rumah tangga anda maka energi yang akan didapatkan juga akan lebih sedikit.

Tentu ini tidak akan terlalu menjadi masalah jikalau anda hanya menjadikan solar cell sebagai sumber energi listrik cadangan. Namun jika anda menjadikan solar cell sebagai satu-satunya sumber tenaga listrik maka tentu saja ini bisa menjadi masalah bagi anda.

Setelah anda mengetahui pola pergerakan matahari di atas langit maka sekarang anda bisa mengarahkan agar solar sel bisa mendapatkan sinar matahari langsung sepanjang tahun. Jika anda mengatakan solar cell di atas rumah maka usahakan agar solar sel tersebut bisa tegak lurus menghadap matahari.

Jika ternyata atap rumah anda berada dalam posisi yang sangat miring maka anda bisa menggunakan dudukan solar cell untuk membantu mengatur posisi dari solar cell di atas atap rumah anda. Disini anda bisa melihat bahwa pengetahuan terhadap pergerakan matahari dan posisi rumah anda adalah tempat yang sangat penting pada saat anda memasang panel tenaga surya ini.

Selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menghubungkan panel tenaga surya tersebut dengan baterai yang akan menyimpan energi yang dihasilkan oleh panel tenaga surya tersebut. Dengan menggunakan baterai ini maka anda bisa tetap menggunakan panel tenaga surya walaupun pada malam hari.

Diketahui baterai ini tentu saja menghasilkan sumber tegangan arus searah sedangkan peralatan di rumah anda adalah peralatan listrik arus bolak-balik. Jadi anda memerlukan inverter untuk mengubah arus listrik searah menjadi arus listrik bolak-balik.

Jika anda menggunakan sumber energi listrik lain maka mungkin anda mau memasang sistem saklar yang bisa membantu memindahkan sumber listrik di dalam rumah anda. Saklar ini ada yang manual dan ada juga yang otomatis.

Untuk melakukan pekerjaan pemasangan panel tenaga surya ini anda mungkin akan memerlukan beberapa peralatan seperti palu, obeng, gergaji, baut, kunci, paku, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu khawatir masalah baterai ataupun inverter karena biasanya komponen pelengkap seperti ini sudah dijual satu paket bersama dengan solar cell. Anda hanya perlu membaca dengan seksama aturan atau instruksi cara pemasangan dari solar cell tersebut untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *