Bisnis

FUNGSI TIMBANGAN TRUK DI BIDANG TRANSPORTASI DAN INDUSTRI

Secara umum timbangan truk atau biasa diartikan sebagai alat berat yang digunakan untuk menimbang berat truk atau kontainer yang memuat barang. Namun lebih dari sekedar timbangan, sebenarnya timbangan truk memiliki fungsi yang penting dalam dunia transportasi dan industri.

Penasaran? Yuk kita simak pembahasan lebih lanjut tentang pentingnya jembatan timbangan Truk ini dalam bidang transportasi dan industri.

Di dunia transportasi, timbangan truk memegang peranan yang sangat penting untuk mengawasi muatan kendaraan, seperti daya angkut kendaraan, tata cara pemuatan, dimensi kendaraan dan kelas jalan yang boleh dilalui oleh angkutan tersebut.

Perlu anda ketahui, setiap jalan dibuat dengan tingkat kualitas jalan yang berbeda-beda. Perbedaan jenis bahan ini mempengaruhi daya tahannya dalam menahan beban kendaraan yang lewat di atasnya. Oleh karena itu kendaraan-kendaraan industri yang memuat muatan dalam jumlah yang besar dan berat hanya bisa melewati kelas jalan tertentu.

Secara sederhana, berikut adalah fungsi dari timbangan truk dalam dunia transportasi:
1. Menjaga jalan dari kerusakan yang berlebihan dikarenakan kendaraan yang melebihi beban.
2. Sebagai sarana pengumpulan data lalu lintas untuk membuat rencana sistem pengendalian transportasi.
3. Mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh kelebihan muatan atau proses pemuatan yang tidak memenuhi syarat.

Jadi dapat kita lihat bahwa dalam bidang transportasi, timbangan truk tidak hanya berfungsi untuk menimbang berat kendaraan tetapi juga membantu pengumpulan data dan menjaga keselamatan dan kelancaran bertransportasi.

Tidak hanya itu, memantau kendaraan dengan beban muatan yang berlebihi juga dapat menghemat biaya perbaikan jalan, menghindarkan masyarakat dari kerusakan kendaraan karena jalan yang rusak, serta mengurangi polusi yang berlebih karena kendaraan yang mengankut muatan yang berlebih cenderung bergerak lebih lambat dengan beban mesin yang lebih besar sehingga juga menimbulkan polusi asap yang berlebih.

Selanjutnya dalam bidang industri. Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam skala bidang yang besar tentunya memiliki jumlah distribusi barang yang besar pula. Untuk menghemat proses penghitungan nilai produk yang didistribusikan, maka cara termudah adalah dengan menghitung bobot muatan truk yang mendistribusikannya.

Hal ini juga berlaku bagi industri yang produknya tidak dapat dihitung secara satuan, misalnya indutri pertambangan pasir yang tentu saja lebih mudah dihitung berdasarkan bobot. Untuk membantu menghitung bobot barang yang didistribusikan ini, maka metode yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan jembatan timbangan atau timbangan truk.

Berikut adalah penjabaran sederhana fungsi timbangan truk di bidang industri:
1. Mengetahui nilai total muatan kendaraan
2. Mengetahui nilai produk dari jumlah bobotnya.
3. Mencegah adanya kesalahan pengiriman barang dari supplier atau pun saat pendistribusian hasil produk jadi kepada konsumen.
4. Mencegah terjadinya kerugian finansial yang dapat merugikan perusahaan atau pun klien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *