Bisnis

Mengenal Teknologi Panel Surya Yang Semakin Diminati

Panel surya adalah perangkat yang dapat mengubah energi sinar matahari menjadi energi listrik. Teknologi fotovoltaik (PV) digunakan untuk mengubah radiasi matahari menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan dalam baterai, yang dapat Anda gunakan untuk perangkat elektronik dan sesuaikan dengan kebutuhan listriknya.

Sejarah panel surya

Matahari merupakan salah satu bintang raksasa di alam semesta. Matahari ini menyediakan susunan energi yang tidak terbatas di dalamnya. Dengan berkembangnya teknologi, energi surya dapat digunakan sebagai salah satu alternatif sumber energi listrik yang sangat dibutuhkan oleh umat manusia.

Berdasarkan sejarah, teknologi ini sudah ada pada abad XVIII, yaitu pada tahun 1839. Seorang fisikawan dari Perancis bernama Alexandre Edmond Becquerel, yang pertama kali menemukan teknologi sel fotovoltaik.

Awalnya, teknologi fotovoltaik dimulai dengan eksperimen penyinaran menggunakan dua elektroda. Radiasi ini menggunakan unsur selenium, yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik dalam jumlah kecil. Percobaan ini membuktikan bahwa energi listrik dapat dihasilkan dari energi cahaya.

Pada tahun 1904, Albert Einstein juga melakukan penelitian tentang sel surya yang disebut eksperimen efek fotolistrik. Baru pada tahun 1941, seorang peneliti bernama Russell I berhasil mengembangkan teknologi panel surya. Teknologi ini kemudian dikenal sebagai teknologi sel surya dan penggunaannya masih digunakan sampai sekarang.

Matahari sebagai energi alternatif dan hemat energi

Energi dari panel surya sering digunakan sebagai energi alternatif untuk mengalahkan mahalnya harga listrik konvensional dan nonsubsidi. Energi utama berasal dari energi matahari yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Secara geografis, Indonesia terletak di garis khatulistiwa, sehingga Indonesia sangat kaya akan sumber energi matahari dengan intensitas radiasi matahari rata-rata sekitar 4,8 kW/m2 per hari di seluruh Indonesia.

Jika Anda memaksimalkan penggunaan energi matahari sebagai sumber energi alternatif untuk listrik untuk instansi, industri, dan rumah, Anda dapat menghemat tagihan listrik. Anda dapat mengalokasikan uang yang Anda hemat dari penghematan listrik untuk keperluan lain. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa tagihan listrik dapat ditekan hingga 50% dengan teknologi panel surya.

Anda bisa mendapatkan panel tenaga surya yang berkualitas ini dari agen panel surya terdekat di kota anda. Jika anda tidak bisa menemukan agen panel surya yang dekat, maka anda juga bisa memesan secara online. Ada banyak jasa agen panel surya yang melayani secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *