Uncategorized

Tips Memilih Waktu Umroh Yang Tepat

Tips dan persiapan umroh sangat erat kaitannya dengan bulan keberangkatan. Bicara soal waktu, meski umroh bisa dilakukan kapan saja, namun memilih waktu sendiri sebenarnya sangat penting.

Ini ada hubungannya dengan kasus Arab Saudi, yang memiliki iklim gurun. Pada musim panas (Juni-Agustus) suhu bisa mencapai lebih dari 45°C. Sebaliknya, pada musim dingin (November-Februari) suhu siang hari 38-42°C, sedangkan pada malam hari bisa mencapai 8°C.

Dari bulan Maret hingga Mei, cuaca di Mekkah bisa dikatakan lebih sejuk dan bersahabat. Karena cuacanya sangat panas, sebaiknya pilih waktu yang sesuai dengan keadaan Anda. Jika Anda termasuk orang yang mudah lelah, atau memilih untuk shalat dengan nyaman, pilihlah waktu yang cuacanya bersahabat.

Pasalnya, setelah melakukan penerbangan yang agak lama (sekitar 9 jam waktu terbang) dan selisih waktu hampir 4 jam di belakang waktu Jakarta (GMT+4). Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk sholat, yang tidak hanya dilakukan di masjid, tetapi juga di ruang terbuka.

Namun, selain tingginya peminat saat Ramadan, jemaah haji sendiri juga ramai saat musim liburan (Juni-Agustus). Jadi jika Anda memutuskan untuk melakukannya di bulan-bulan tersebut, berikut beberapa tipnya. Selalu kenakan pakaian berwarna putih yang memantulkan panas matahari. Dengan begitu, energi Anda tidak mudah terkuras karena pakaian dan tubuh tidak menyerap panas.

Bulan Menentukan Biaya

Pilihan waktu sendiri juga menentukan besarnya biaya yang akan Anda keluarkan. Jika Anda memilih menunaikan umroh saat musim liburan, menjelang musim haji atau menjelang Ramadhan. Maka biaya yang dikeluarkan tentu akan lebih besar. Mengapa? Pasalnya, kenaikan paket umroh secara umum terjadi pada tiga musim tersebut.

Pertama, karena pada musim-musim tersebut jumlah jemaah biasanya bertambah. Kedua, saat ini terjadi persaingan yang ketat antar maskapai penerbangan. Hal ini secara otomatis mempengaruhi pesawat yang akan digunakan. Pihak travelling kesulitan mendapatkan tiket pesawat murah sesuai budget.

Jadi, jika ingin mencari biaya perjalanan yang cenderung murah, ambillah paket umroh pada bulan Januari hingga Maret. Pada bulan-bulan tersebut biasanya harga paket umroh lebih murah dari bulan April dll.

Biasanya pihak biro perjalanan umroh menyediakan jadwal keberangkatan dan waktu kepulangan. Begitu juga lokasi tempat ibadah umroh yang kita tuju, tempat wisata yang bisa kita kunjungi, dan hotel atau wisma tempat kita menginap. Bahkan kita harus membawa uang untuk oleh-oleh dan perlengkapan sehari-hari.

Biaya ibadah umroh bervariasi sesuai dengan biro perjalanan umroh yang Anda pilih. Biaya umroh berkisar antara 25 juta rupiah dan yang termahal bisa mencapai 35 juta rupiah. Tentu semuanya tergantung waktu, lokasi wisata yang akan dikunjungi selama berada di Arab Saudi, dan akomodasi (seperti hotel, maskapai penerbangan, dll).

Kalau anda mau mendapatkan suhu udara yang sedikit lebih rendah; maka sebaiknya anda memanfaatkan umroh di bulan September. Umroh September ini juga relatif lebih sedikit orang, jadi anda kemungkinan akan lebih nyaman dalam melakukan ibadah umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *