Kesehatan

Tahap Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan

Memiliki anak dalam keluarga tentu menjadi kebahagiaan yang tak tergantikan. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita selalu ingin memberikan yang terbaik, terutama untuk mendukung tahapan tumbuh kembang buah hati dari bulan ke bulan.

Nah, bagaimana dengan anak Anda? Apakah tumbuh kembang bayi anda berjalan dengan baik? Cari tahu selengkapnya di bawah ini, yuk!

Bagaimana tahapan perkembangan bayi usia 0-12 bulan?

Berikut 5 tahapan perkembangan bayi usia 0-12 bulan yang perlu diperhatikan:

1. Tahapan perkembangan bayi di bawah satu bulan

Tahap perkembangan bayi berumur satu minggu memegang jari ibu. Pada minggu pertama, bayi belum memiliki pendengaran yang sempurna namun dapat mengenali suara ibunya. Pada tahap ini, Si Kecil mulai memiliki kemampuan motorik halus, seperti menggenggam jari ibunya.

2. Tahap perkembangan bayi 1-3 bulan

Memasuki bulan pertama, bayi umumnya akan mulai mengangkat kepala, merespon suara, dan melihat wajah untuk melihat pola dalam warna hitam putih. Kemudian di bulan kedua, bayi Anda sudah bisa mengangkat kepalanya dalam waktu singkat.

Bayi ini akan terus tumbuh saat memasuki bulan ketiga. Saat dia mengangkat kepalanya, dia bisa membuatnya berdiri diam. Itu juga dapat mengenali wajah, senyum, dan tawa.

3. Tahap perkembangan bayi pada usia 4-6 bulan

Bagaimana tahapan perkembangan bayi pada usia 4-6 bulan? Umumnya, di bulan keempat, bayi Anda sudah bisa menopang berat badannya dengan kakinya. Pada tahap ini juga, anak mulai mengoceh saat diajak bicara. Nah, di bulan kelima, beberapa bayi biasanya mulai berguling dan lebih sering bermain sendiri dengan tangan dan kakinya.

Pada bulan keenam, bayi Anda akan meniru suara sampai ia mulai duduk tanpa bantuan untuk beberapa saat. Selain itu, bayi di usia ini juga sudah bisa dikenalkan dengan makanan padat.

Oh iya, kalau ditanya “bayi boleh duduk usia berapa?” 4-6 bulan juga merupakan waktu yang tepat.

4. Tahap perkembangan bayi usia 7-9 bulan

Perkembangan bayi usia 7 bulan, dimulai dari merangkak. Pada bulan ketujuh, bayi mulai merangkak dengan menggerakkan perutnya. Dia juga akan meniru bunyi kata-kata dan menghasilkan sesuatu. Tahap selanjutnya dalam perkembangan anak adalah ia akan dapat memindahkan suatu benda dari satu tangan ke tangan lainnya.

Selain itu, ia juga mulai merangkak. Kemudian di usia sembilan bulan, ibu dan ayah harus bersabar. Pada tahap ini, anak suka meraih, menjatuhkan, dan melempar barang. Alternatifnya, sediakan juga mainan yang membantu mengembangkan kemampuan motorik anak.

5. Tahap perkembangan bayi usia 10-12 bulan

Seorang anak yang sudah mulai berkembang dapat berdiri. Bisa dikatakan usia 10 bulan merupakan tahap perkembangan bayi yang paling ditunggu-tunggu oleh para orang tua. Pada tahap ini, anak mulai belajar berdiri sendiri meski hanya berlangsung beberapa detik.

Kemudian, saat memasuki usia 11 bulan, si Kecil akan mengerti perintah sederhana dari Mama atau Papa. Kini, di bulan ke-12, bayi sudah mulai bisa berjalan dan bisa menunjukkan keinginannya menggunakan bahasa tubuh.

Bagaimana perkembangan anak Anda sekarang? Apakah bayi Anda sudah menunjukkan perkembangan sesuai tahapan di atas? Tak perlu khawatir, perlu diingat bahwa perkembangan bayi dari bulan ke bulan selalu berbeda dan rutinlah memeriksakan kondisi si kecil ke dokter. Selain itu, perhatikan perkembangan kognitif setiap anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *