Bisnis

Sistem Kerja Panel Tenaga Surya

Panel tenaga surya menggunakan sistem fotovoltaik, sebuah fenomena yang dapat mengubah energi matahari menjadi arus listrik. Satu sel fotovoltaik berisi dua strip bahan semikonduktor dalam bentuk mikroelektronika. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghasilkan listrik:

Fotovoltaik membentuk medan listrik yang terjadi ketika muatan yang berlawanan dipisahkan. Ketika foton surya menjatuhkan elektron bebas, medan listrik akan mendorong elektron keluar dari sambungan silikon. Hanya dengan begitu elektron dapat mengalir ke berbagai sumber listrik Anda.

Komponen sederhana untuk Panel tenaga surya

Diketahui ada komponen Panel tenaga surya sederhana yang bisa Anda coba, yang terdiri dari Panel tenaga surya atau sel Panel tenaga surya, charge controller, baterai, input AC dan DC, serta material pendukung seperti kabel, konektor, dll.

Setiap komponen tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Panel tenaga surya dapat mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Charge controller dapat mengontrol catu daya untuk mengisi baterai secara efisien.

Baterai tentunya digunakan untuk menyimpan energi listrik yang didapat. Konverter AC/DC mengubah arus DC pada Panel tenaga surya menjadi arus bolak-balik yang biasa digunakan pada berbagai peralatan rumah tangga.

Jangan lupakan komponen pendukung seperti kabel yang bisa menghubungkan semua komponen.

Keuntungan dan kerugian dari Panel tenaga surya

Tentu saja Panel tenaga surya diciptakan bukan tanpa alasan, namun ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Beberapa di antaranya dapat menghemat tagihan listrik, ramah lingkungan dan mudah diterapkan di Indonesia karena merupakan daerah tropis.

Namun panel tenaga surya ini juga memiliki kekurangan, yaitu memiliki harga pemasangan yang mahal. Oleh karena itu, bagi yang ingin memasang Panel tenaga surya ini harus menabung terlebih dahulu.

Panel tenaga surya selalu diletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari langsung, jadi jangan heran jika Panel tenaga surya ini bisa Anda temukan di lapangan atau bahkan di atap rumah. Sangat menyenangkan bukan?

Nah, berikut ini beberapa penjelasan mengenai Panel tenaga surya, mulai dari sejarah singkat, cara kerjanya, komponen sederhana hingga berbagai manfaat yang bisa Anda manfaatkan jika menggunakan Panel tenaga surya sebagai sumber tenaga listrik di rumah.

Ya, hal yang sama pentingnya untuk diketahui adalah semakin banyak Panel tenaga surya yang ingin Anda pasang, semakin banyak uang yang Anda perlukan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa langsung Anda terapkan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *