Uncategorized

KEBAKARAN DI SIRKUIT TERMAS DE RIO HONDO

Kebakaran kompleks pit menghancurkan sirkuit Termas de Rio Hondo yang merupakan markas dari Argentine MotoGP. Api berkobar pada Jumat malam (5 Februari 2021, waktu setempat) dan dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran sirkuit dan sekitarnya.

Mereka berhasil mencegah kebakaran sebelum mencapai Museum Juan Manuel Fangio, namun, kerusakan besar terjadi pada fasilitas utama. Direktur sirkuit mengabarkan bahwa bangunan pit, ruang pers, lounge kontrol balap, dan lounge VIP hancur total akibat kebakaran.

Untungnya, sirkuit balap memiliki asuransi kebakaran penuh, jadi masalah kerusakan ekonomi tercakup dalam asuransi tersebut, tetapi tetap saja perbaikan pasti akan membutuhkan waktu lama untuk dapat kembali digunakan pada ajang kompetisi nasional dan internasional ini.

Karena kejadian ini, Balapan MotoGP yang seharusnya dilaksanakan tahun ini di sirkuit Termas de Rio Hondo telah ditunda hingga tanggal yang belum ditentukan. Diharapkan protokol pembatasan COVID-19 juga akan dipermudah dan acara tersebut dapat dilanjutkan di akhir tahun dengan Circuit of the Americas di AS.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa kebakaran ini. Pihak manajemen sirkuit berterima kasih pada bantuan dari setiap  pemadam kebakaran yang ikut membantu memadamkan api di sirkuit Termas de Rio Hondo.

Pihak sirkuit mengatakan akan bekerja melakukan perbaikan sesegera mungkin untuk memenuhi setiap jadwal sirkuit, termasuk jadwal MotoGP di bulan November.

Saat ini jadwal balap MotoGP memang cukup rentang dengan adanya perubahan-perubahan jadwal di tahun 2021 ini. Kekhawatiran ini dianggap masuk akal mengingat jadwal MotoGP ini telah mengalami perubahan beberapa kali sejak diumumkan.

Selain karena masalah kecelakaan yang dialami oleh sirkuit Termas de Rio Hondo, perubahan jadwal juga kebanyakan disebabkan oleh perubahan aturan-aturan protokol kesehatan di berbagai negara terkait pandemi Covid-19.

Balapan di Republik Ceko juga telah dibatalkan terkait masalah kurangnya dana dalam melakukan perbaikan sirkuit. Pembatalan jadwal MotoGP di Ceko ini mengecewakan banyak penggemar sebab sirkuit Ceko merupakan salah satu sirkuit yang memberikan tontonan menarik bagi para penggemar.

Kabar tersebut muncul setelah balapan di Texas dan Argentina ditunda pekan lalu. Tidak mengherankan melihat MotoGP menunda balapan tersebut, bahkan balapan Thailand pun sempat tertunda karena terjadinya kesalahan komunikasi.

Untungnya kesalahan komunikasi ini telah diluruskan dan Thailand kembali masuk ke dalam jadwal MotoGP 2021. Hanya saja pertandingan MotoGP 2021 di Thailand ini merupakan pertandingan MotoGP 2020 yang sempat tertunda tahun lalu.

Sedangkan kontrak 5 tahun antara MotoGP dan Thailand yang seharusnya dilaksanakan tahun 2021 ini akan diundur ke tahun 2022.

Perubahan jadwal ini harus dapat dimaklumi terkait banyaknya perubahan aturan perjalanan antar negara yang terus berubah dari waktu ke waktu karena pandemi covid-19 yang tidak menentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *