Uncategorized

Fungsi Utama Pakaian Olahraga

Bagi masyarakat awam penggunaan pakaian olahraga belum menjadi perhatian yang menonjol, bagi mereka cukup memakai kaos dan cocok untuk aktivitas olahraga itu sudah sangatlah cukup. Tingkat kesadaran masyarkat Indonesia masih sangatlah rendah akan pakaian olahraga. Pakaian yang bagus untuk aktivitas olahraga tentu saja bukan yang tebal dan tidak mudah menyerap keringat. Jangan yang terlalu ketat dan sedikit longgar. Tetapi setiap orang ada yang nyaman memakai pakain ketat ketika aktivitas berolahraga. Fungsi dari pakaian olahraga adalah yang mampu menyerap keringat dengan baik dan menjaga kelembaban agar tetap nyaman dalam berolahraga.
Pakaian olahraga yang baik adalah pakaian yang mempunyai pori-pori yang dapat menguapkan panas tubuh secara cepat. Karena ketika seseorang dalam keadaan aktivitas olahraga tentu saja kalori yang dibakar sangatlah banyak. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berpakaian ketika berolahraga

a. Jenis bahan pakaian
Ketika seseorang melakukan aktivitas olahraga tentu saja menyebabkan suhu tubuh mengalami peningkatan. Sehingga perlu pakaian yang memiliki tingkat serapan yang bagus terhadap keringat dan juga bisa menguapkannya. Untuk bahan jenis katun memang bisa menyerap keringat tetapi untuk menguapkan kembali tidak bisa, karena bahan katun tidak mempunyai pori-pori longgar. Maka bahan yang cocok adalah kombinasi bahan katun, polyster dan drifit atau spandex.

b. Kelonggaran bahan pakaian
Setelah mengetahui jenis bahan apa yang cocok buat aktivitas berolahraga, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kelonggaran pakaian. Ketika kita mengamati orang-orang yang melakukan aktvitas berolahraga, ada yang memakai pakaian ketat dan ada juga yang memakai pakaian longgar. Terus sebaiknya kita memakai pakaian yang seperti apa ketika berolahraga?
Untuk pemilihan kelonggaran bahan ternyata lebih ke subjektif, tergantung aktivitas olahraga apa yang kita lakukan. Ketika bersepeda dianjurkan untuk memakai pakaian yang agak longgar sedangkan untuk olahraga renang atau runnning atau senam sebaiknya memakai pakaian yang agak ketat. Khusus pakaian yang ketat juga perlu diperhatikan agar jangan terlalu ketat dibagian persendian karena akan kurang nyaman untuk olahraga seperti senam atau yoga.

c. Pemilihan Pakaian buat wanita
Untuk para wanita memang agak sedikit yang perlu diperhatikan terutama penggunaan bra. Gunakan bra sport yang lebih memberikan perlindungan lebih pada payudara. Kenapa bra sport?karena akan lebih memberikan kenyaman dan keamanan ketika melakukan aktivitas olahraga terutama bagi wanita.
Bagi wanita yang menggunakan jilbab jangan gunakan jilbab dengan bahan licin dan jangan terlalu banyak menggunakan jarum pentul. Boleh menggunakan jilbab segiempat atau jilbab langsung yang memang khusus jilbab sport.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan pakaian olahraga, semoga membantu dan menambah wawasan dalam aktivitas berolahraga. Sehingga tetap aman dan nyaman ketika berolahraga. Karena fungsi dari pakaian olahraga tetaplah ada dan itu berguna juga untuk memberikan rasa nyaman dan aman dalam melakukan aktvitas olahraga baik indoor maupun outdoor. Tetaplah jaga tubuh tetap fit dan bugar ditengah kesibukan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *