Bisnis

BERAPA BIAYA SERVICE LAPTOP?

Laptop adalah salah satu alat elektronik yang banyak digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Selain untuk bekerja, laptop kini juga banyak digunakan untuk belajar dan juga bermain game.

Meski termasuk sebagai perangkat elektronik yang canggih, laptop bisa mengalami masalah-masalah tertentu dan rusak. Untuk mengatasi masalah ini, sekarang sudah banyak service center yang menawarkan perbaikan.

Daftar biaya service laptop juga bervariasi tergantung kerusakan yang terjadi. Untuk itulah melalui artikel ini kita akan membahas sedikit informasi mengenai jenis-jenis kerusakan laptop dan biaya servicenya.

  1. Ganti keyboard – Keyboard laptop biasanya mengalami masalah seperti terkunci, tidak berfungsi, flexible yang rusak, tombol yang lepas dan lain sebagainya. Rata-rata biaya service untuk mengganti keyboard ini berkisar antara 300 – 400 ribu. Harga ini sudah termasuk dengan jasa instalasi. Namun harganya bisa lebih tinggi lagi jika harga komponennya lebih mahal. Namun sebelum membawa laptop anda untuk diservice, ada baiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu pada keyboard laptop Anda. Saat ini ada beberapa program yang dapat anda gunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu pada keyboard laptop anda.
  2. Instal ulang – Instal ulang laptop merupakan kerusakan terkait sistem operasi laptop. Hal ini umumnya dilakukan ketika laptop terasa lambat karena terlalu banyak data atau terkena adware. Biaya service laptop ini dapat berkisar mulai dari 50 ribu hingga 150 ribu rupiah. Kisaran harga ini tergantung pada sistem operasi yang ingin Anda gunakan.
  3. Mengganti speaker laptop – Kerusakan speaker tidak hanya dapat disebabkan semata-mata oleh kerusakan fisik saja tetapi terkadang juga dapat disebabkan karena kegagalan sistem. Jika laptop tidak bisa mengeluarkan suara karena sistem yang corrupt, cara solusi perbaikannya cukup dengan menginstall ulang driver di laptop dan harganya hanya sekitar 50rb saja. Namun jika harus mengganti speaker, Anda harus menyiapkan dana di atas 300 ribu rupiah untuk membeli speaker baru.
  4. Tambah atau ganti RAM – Bila terjadi kerusakan pada RAM, PC atau laptop pada umumnya akan mengalami “Blue screen of death” yang disertai dengan notifikasi “memory error”. Saat dihidupkan, Anda akan mendengar bunyi “bip” di laptop atau layar hanya hitam. Biaya service laptop untuk RAM sangatlah beragam. Tergantung kapasitas, jenis DDR, kecepatan dan juga merk yang anda inginkan. Namun yang jelas harga service serta pemasangan RAM yang rusak atau bermasalah berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 450.000 untuk 4 GB dengan tipe DDR3. Sedangkan untuk DDR4 4GB berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 450.000. Jika ingin kapasitas yang lebih besar maka harganya juga akan semakin tinggi.
  5. Perbaikan Harddisk – Sejujurnya, kebanyakan harddisk tidak bisa diperbaiki, tapi harus diganti jika mengalami kerusakan. Namun berbeda dengan RAM, harddisk bisa dikategorikan sederhana, karena harddisk yang berukuran 2,5 inci biasanya kompatibel dengan laptop apapun. Berapa harganya? Rata-rata harga hardisk laptop dengan kapasitas 500GB dijual dengan kisaran harga 400-600 ribu rupiah. Anda juga dapat mengercek harga harddisk dengan mengecek harga pada marketplace online.
  6. Penggantian layar laptop – Biaya service laptop yang ini sudah pasti mahal karena Anda harus mengganti bagian utama laptop yaitu layar atau LCD. Biasanya penggantian layar LCD laptop dilakukan jika terdapat goresan, retak, atau buram dan mengganggu saat digunakan. Harga laptop LCD juga cukup bervariasi, tergantung merk dan ukuran layar laptop tersebut. Namun, perkiraan biaya perbaikan layar LCD laptop biasanya berkisar antara 700 ribu hingga 1,5 juta rupiah.

Jika anda tinggal di kota bandung dan memerlukan bantuan jasa service laptop Bandung, maka anda bisa menghubungi Gawaikita. Jasa service laptop Bandung Gawaikita bisa membantu anda memperbaiki laptop yang bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *