CARA MEMILIH PARTISI LIPAT UNTUK DESAIN RUMAH MINIMALIS

Saat ini partisi lipat telah banyak digunakan sebagai pembatas ruangan pada desain rumah minimalis karena dapat memberikan kesan yang modern. Penggunaan partisi lipat juga dianggap paling sesuai untuk konsep desain minimalis yang berusaha memaksimalkan fungsi dari suatu ruang.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam menerapkan partisi lipat pada desain rumah minimalis adalah menetapkan lokasi pemasangan dari partisi lipat tersebut. Selain menetapkan lokasi pemasangannya, Anda juga harus memperkirakan tinggi dari partisi lipat yang anda butuhkan.
Hal ini perlu dilakukan agar anda dapat menentukan apakah akan menggunakan partisi permanen ataupun partisi non permanen. Anda juga perlu memperkirakan jangka waktu penggunaan partisi tersebut. Jika anda berencana hanya menggunakan partisi tersebut hanya untuk sementara waktu maka disarankan untuk menggunakan partisi lipat yang mudah digeser agar lebih fleksibel.
Gunakanlah partisi lipat semi permanen yang mudah dibongkar agar Anda dapat memperoleh sirkulasi cahaya yang memadai. Partisi lipat semi permanen juga akan memudahkan Anda jika suatu waktu Anda membutuhkan ruangan yang lebih besar. Halo kapan seharusnya menggunakan partisi permanen seperti dinding batu?
Partisi permanen dapat anda gunakan pada ruang makan agar Bau makanan tidak menyebar ke seluruh rumah. Partisi permanen juga dapat anda gunakan pada ruangan yang bersifat pribadi seperti kamar mandi dan kamar tidur. Partisi yang bersifat non permanen sebaiknya hanya digunakan pada ruang tamu atau ruang keluarga yang memiliki sifat fleksibel.
Setelah anda menentukan lokasi pemasangan dari partisi lipat, Maka selanjutnya anda perlu menetapkan desain yang sesuai untuk desain minimalis anda. Anda harus menentukan apakah partisi tersebut akan bersifat semu atau total. Hal ini perlu dilakukan untuk menentukan jenis bahan yang digunakan pada partisi lipat tersebut.
Partisi total biasanya digunakan untuk kepentingan privasi dari ruangan tersebut. Oleh karena itu, partisi lipat yang digunakan haruslah rapat agar kedap suara dan tidak tembus pandang.
Lain halnya jika anda tidak membutuhkan privasi, sebagai contoh Jika anda ingin memasang partisi antara ruang tamu dan ruang keluarga yang tidak membutuhkan privasi, maka anda dapat menggunakan partisi lipat yang menggunakan rel roda di bagian bawahnya dan terbuat dari bahan kayu dan kaca yang transparan.
Partisi ini akan bermanfaat jika sewaktu-waktu anda mengadakan acara di rumah Anda dan membutuhkan ruangan yang lebih besar, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka partisi antara ruang tamu dan ruang keluarga anda.
Dalam masalah pemilihan bahan, beberapa jenis bahan yang dapat anda gunakan dalam pembuatan partisi lipat adalah kaca, bambu, kayu dan masih banyak lagi.
Anda dapat memilih bahan ini sesuai dengan keinginan anda. Partisi lipat yang terbuat dari bahan kaca dapat memberikan nuansa yang elegan dan manis pada desain Anda Namun perlu anda perhatikan bahwa partisi lipat yang terbuat dari kaca hanyalah untuk ruangan yang tidak membutuhkan privasi.

Tinggalkan Balasan