Cara Merintis Bisnis Online Dari Nol

Saat ini trend gaya berbelanja masyarakat sudah berubah begitu cepat. Jika di era tahun 2000an dulu orang masih terbiasa berbelanja secara offline (ke pasar atau mall), maka telah bergeser menjadi belanja secara online.

Fenomena ini terus menjadi-jadi dan seolah sudah tidak bisa dibendung lagi. Hampir semua orang pada saat pasti sudah pernah berbelanja secara online. Apalagi kaum millenial, mereka ini adalah dan konsumen segmentasi terbesar pada bisnis online.

Oleh karena itu, bagi para pengusaha dan pelaku usaha toko fisik sangat disarankan untuk mengikuti perkembangan zaman. Artinya; selain berjualan di toko fisik (offline), maka mereka juga harus membuat toko online. Dan ini bisa dikatakan ‘wajib’ harus mereka lakukan.

Apa sebab?

Karena jika mereka tidak mengikuti arus dan trend berbelanja pada saat ini, maka mereka bisa tenggelam karena tergulung oleh perubahan zaman. Mereka pasti akan kalah bersaing dengan pengusaha lain yang sudah mulai Go-Online. Yang jelas mereka kalah dari segi jangkauan pasar, sebab kelebihan utama toko online itu mampu menjangkau pasar yang luas hingga seluruh Indonesia bahkan dunia.

Yang menjadi pertanyaan adalah;

Bagi pebisnis online pemula yang baru terjun ke dunia online bagaimanakah cara memulainya? Apalagi jika bisnis online itu dimulai dari nol.

Artinya, karena baru pertama kali terjun ke dunia online, maka tentu saja kita masih gaptek.

Nah berikut ini akan saya uraikan cara memulai bisnis online dari nol.

Jika anda benar-benar masih gaptek sehingga tidak punya pengetahuan untuk membuat dan mengelola website toko online sendiri, maka disarankan agar anda memanfaatkan platform e-commerce atau sosial media yang kini sudah ada fitur marketplacenya.

Terserah anda mau pilih berjualan di e-commerce atau media sosial, atau berjualan di kedua platform itu sekaligus. Kelebihan berjualan di platform ini adalah sistemnya yang simpel dan mudah dipahami. Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi mengurus pengaturan yang rumit sebagaimana jika punya website toko online sendiri.

Baiklah, saya akan membahas marketplace yang ada di platform media sosial terlebih dahulu. Saat ini media sosial yang paling populer dan paling banyak dimanfaatkan untuk pebisnis online adalah:

– Facebook.

Media sosial yang satu ini bisa dikatakan platform pioneer yang paling banyak digunakan untuk berjualan online sejak dulu (selain Kaskus). Sebelum lahirnya e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia dan Bukalapak, maka Facebook sudah biasa digunakan oleh orang untuk berjualan online.

Salah satu faktor yang membuat platform Facebook yang menjadi primadona untuk memasarkan produk adalah karena penggunaannya yang sangat besar di Indonesia. Dan anda ketahui bahwa Indonesia termasuk pengguna Facebook yang terbesar di dunia.

Dengan semua fakta ini, maka tidaklah mengherankan jika Facebook tetap menjadi pavorit untuk berjualan online pada saat ini ditengah semakin banyaknya bermunculan platform e-commerce baru.

Dan sepertinya pihak Facebook juga menyadari bahwa platform mereka sangat banyak digunakan orang. Oleh karena itulah, sejak tahun 2016 (kalau tidak salah), Facebook menciptakan fitur baru untuk mempermudah pengguna setianya untuk berjualan online.

Fitur apakah itu?

Yakni fitur Marketplace.

Fitur ini sangat mempermudah pebisnis online untuk mengunggah dan mengatur produknya dengan sedemikian rupa. Di fitur ini ada pengaturan foto, jangkauan, target market produk, dll. Sehingga membuat setiap produk yang diunggah menjadi tertarget dengan baik kepada konsumen yang tepat.

Biasanya setiap produk yang diunggah akan melalui review oleh pihak Facebook terlebih dahulu. Jika produk yang diunggah itu tidak melanggar peraturan yang ditetapkan oleh Facebook, maka tidak lama kemudian produk kita tersebut sudah tayang di fitur marketplace tersebut.

Hal-hal apa sajakah yang membuat produk gagal untuk tayang di fitur marketplace ini?

Biasanya yang membuat produk gagal tayang karena produk itu terindikasi sebagai produk palsu (terkait merek), jenis produk yang perlu izin khusus, produk yang tidak sopan/melanggar etika, dll.

Masih banyak lagi hal lain yang perlu diperhatikan agar tidak ada kendala dalam berjualan di marketplace Facebook ini. Jika anda ingin tahu lebih lanjut, maka bisa mempelajari artikel cara sukses berjualan online.

Itulah diatas platform media sosial paling populer yang sangat disarankan untuk berjualan online. Kini saya akan membahas 2 e-commerce yang paling populer di Indonesia dan paling banyak digunakan untuk berjualan online.

2 e-commerce tersebut adalah:

– Tokopedia.

Menurut sebuah survey yang bisa dipercaya menyatakan bahwa Tokopedia adalah e-commerce yang memiliki pengguna dan pengunjung terbesar di Indonesia. Oleh karena itu pasar daring ini saya pilih sebagai rekomendasi untuk anda.

Kelebihan platform e-commerce yang satu ini adalah fitur-fiturnya yang sangat simpel dan mudah digunakan. Sehingga akan bisa digunakan oleh para pebisnis online pemula yang masih gaptek sekalipun.

Kelebihan lainnya dari platform e-commerce ini adalah tampilan lamannya yang lembut dan enak dipandang. Warna latarnya yang hijau muda sangat soft dan hidup.

Dan kelebihan paling utamanya adalah dari sisi penggunaannya yang sangat besar, bahkan terbesar di Indonesia. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi pedagang online yang memasarkan produknya di platform e-commerce ini. Dengan begitu besarnya penggunanya, sehingga sangat memungkinkan produk kita dapat terlihat oleh banyak orang dan akhirnya terjual dengan laris.

Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan berjualan di Tokopedia. Jika anda ingin tahu cara jualan di Tokopedia lebih lanjut, maka bisa membacanya di artikel yang saya referensi-kan.

Kini kita akan membahas platform e-commerce yang satunya lagi, yakni:

– Bukalapak.

Platform e-commerce ini merupakan saingan terberatnya Tokopedia. Jika saat ini Tokopedia menduduki jumlah pengguna terbanyak di Indonesia, maka Bukalapak menduduki posisi ketiga. Untuk posisi kedua di duduki oleh platform Shopee (kalau tidak salah).

Menyadari posisi peringkatnya masih di level 3, maka Bukalapak juga tidak mau kalah dengan 2 kompetitor terberatnya tersebut. Salah satu upaya yang getol digalakkan oleh Bukalapak adalah memberikan berbagai promosi menarik.

Nah promo menarik ini menguntungkan dari dua sisi, yaitu dari sisi konsumen (buyer), dan juga dari sisi penjual (seller).

Jadi bagi anda yang ingin memulai bisnis online dari nol, maka e-commerce Bukalapak ini adalah salah satu platform yang layak untuk Anda pilih.

Kelebihan Bukalapak lainnya adalah kemudahan dalam mencairkan saldo buka dompet anda. Jika pada Tokopedia tidak bisa mencairkan dana pada hari libur, maka di Bukalapak anda bisa mencairkan uang hasil penjualan anda kapanpun anda inginkan.

Dan masih banyak lagi kelebihan lainnya yang di miliki oleh e-commerce Bukalapak. Bagi anda yang ingin tahu cara jualan di Bukalapak lebih lanjut, maka bisa membacanya di artikel yang saya referensi-kan.

Demikianlah artikel singkat tentang cara memulai bisnis online dari nol. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Tinggalkan Balasan