5 Contoh Bisnis Sampingan Dengan Modal Minim

Adakah diantara Anda yang ingin membuka bisnis sampingan, namun merasa bingung karena modal yang minim?

Mulai sekarang Anda tidak perlu merasa bingung lagi, karena di artikel ini saya akan menulis tentang:

5 bisnis sampingan yang bisa dibuka dengan modal minim

Berikut daftar bisnis sampingan tersebut:

1. Buka bisnis laundry kiloan.

Bisnis jasa laundry kiloan dapat Anda buka dengan modal minim.

Mungkin ada di antara Anda yang bertanya: “lho,,, bukannya usaha laundry butuh modal besar? Harga mesinnya saja bisa jutaan per unitnya”.

Yup! Memang betul modalnya akan besar jika Anda buka bisnis jasa laundry dengan menggunakan mesin baru. Jika modal Anda minim, maka bisa di akali dengan membeli 2 atau 3 unit mesin cuci second.

Tentunya Anda harus selektif dalam membeli dan memilih mesin cuci second tersebut. Carilah mesin cuci bekas yang kondisinya masih bagus dan layak pakai.

Bisnis jasa laundry ini cukup menjanjikan. Terlebih jika Anda membuka usaha ini di kawasan kos-kosan yang banyak mahasiswa dan pekerja kantorannya.

Biasanya mereka adalah orang-orang yang super sibuk, sehingga lebih suka menyerahkan urusan mencuci pakaiannya kepada jasa laundry.

2. Usaha sampingan jasa skotlet (cutting sticker).

Anda punya keahlian khusus ‘mendandani’ tampilan kendaraan? Maka usaha jasa cutting sticker layak untuk Anda pilih sebagai bisnis sampingan dengan modal minim.

Jenis usaha jasa ini bisa Anda buka di area mana saja. Yang penting lokasinya ramai dilewati oleh kendaraan bermotor. Anda bisa membukanya dengan ‘ngemper’ pinggir jalan raya, atau bisa juga Anda buka di depan teras rumah Anda (jika kebetulan rumah Anda berlokasi di pinggir jalan).

Usaha cutting sticker ini cukup menjanjikan, karena banyak pemakai jasa ini. Selain itu bisnis satu ini keuntungannya tergolong besar. Bagaimana tidak? Pasang satu lembar stiker anti gores modal 100 ribu bisa terjual seharga 250 ribu. Kenapa bisa begitu besar keuntungannya? Karena yang mahal adalah skill alias keahlian dalam memasang dan mendesain model stikernya.

3. Bisnis Pertamini (pom bensin mini).

Pertamini ini semacam pedagang BBM eceran yang meniru gaya SPBU. Jadi usaha ini punya mesin khusus yang bentuk dan sistemnya mirip dengan dengan mesin BBM yang ada di pom bensin besar.

Sepertinya yang sama kita ketahui bahwa BBM merupakan kebutuhan paling utama bagi kendaraan bermotor. Jika BBM nya mendadak habis di area yang jauh dari lokasi SPBU, wah bisa repot.

Nah peluang inilah yang dimanfaatkan oleh banyak orang dengan cara membuka usaha pom bensin mini alias pertamini. Termasuk Anda yang ingin membuka usaha ini sebagai bisnis sampingan dengan modal minim.

Jadi jika Anda ingin membuka bisnis ini, maka tips yang paling tepat adalah mencari lokasi yang jauh dari area SPBU. Selain itu, bagian penting lainnya adalah jangan lupa mengurus perizinannya, agar usaha Pertamini anda dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

4. Membuka bisnis sampingan warung kopi.

Usaha sampingan yang satu ini tidak kalah menjanjikan dengan tiga jenis usaha sebelumnya di atas.

Apa sebab?

Karena kopi termasuk jenis minuman yang sangat digemari oleh orang Indonesia. Baik orang tua maupun anak muda. Sehingga usaha ini peminatnya tidak akan pernah sepi. Terlebih jika Anda pintar memilih lokasi yang cocok untuk bisnis warung kopi ini. Seperti di dekat area kampus atau pusat perkantoran.

Kedua lokasi ini merupakan tempat yang sangat strategis untuk buka usaha warung kopi. Karena biasa akan menjadi tempat nongkrong atau ngobrol sambil menyeruput nikmatnya cita rasa kopi hangat yang Anda sajikan.

5. Bisnis sampingan pakaian bekas.

Anda punya banyak koleksi pakaian branded namun sangat jarang dipakai? Maka Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan mulai berbisnis menjual pakaian bekas.

Menjual pakaian bekas milik sendiri bisa Anda lakukan sebagai langkah awal untuk mulai merintis bisnis ini. Jika ternyata usaha bisnis sampingan pakaian bekas Anda mulai lancar dan banyak orderan, maka Anda bisa mencari stok pakaian bekas ke pasar Senen.

Pasar Senen ini sejak lama telah terkenal sebagai pusat grosir pakaian besar. Bahkan keberadaannya telah ada sejak tahun 90an. Walaupun bisnis ini telah berkali-kali mengalami pasang surut, namun terbukti mampu bertahan dan tetap eksis hingga saat ini.

Bisnis pakaian bekas ini bisa Anda mulai dengan modal minim. Punya modal 5 jutaan saja Anda sudah bisa menjualnya di lapak kecil di pasar malam. Apalagi kalau Anda punya modal 10 jutaan ke atas, maka Anda sudah bisa membuka toko pakaian bekas ini.

Tinggalkan Balasan