Kapan anda harus melakukan upgrade paket hosting?

Pada saat anda mengelola sebuah website tentunya anda harus menggunakan paket hosting untuk membuat website anda bisa diakses secara online. Yang menjadi masalah adalah setiap layanan paket hosting ini mempunyai batasan layanan yang harus anda ikuti. Jika website anda sudah membentur batasan layanan ini, maka website anda akan mulai mengalami perlambatan.

Tentu anda biasa mendengar istilah unlimited, namun yang dimaksud dengan unlimited ini bukanlah website anda akan mendapatkan trafik tanpa batas sepuas-puasnya. Tidak mungkin anda hanya membayar 200 ribu sampai 300 ribu rupiah untuk melayani 100 ribu pengunjung per hari. Itu adalah sesuatu yang tidak realistis. Yang dimaksud dengan paket unlimited ini adalah tidak ada batasan yang ditetapkan untuk website anda, namun tetap saja sumberdaya server akan menjadi batasan yang alami.

Jika trafik website anda sudah di luar batasan kemampuan server anda, maka secara otomatis website anda akan menjadi lambat dengan sendirinya. Anda bisa menambah sumber daya untuk website anda dengan melakukan upgrade paket hosting. Bagaimana cara anda melakukan upgrade paket hosting ini? Ya anda cukup menghubungi cs dari layanan web hosting yang anda gunakan. Namun sebelum anda melakukan upgrade, maka ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu.

Jika anda saat ini adalah pengguna layanan shared hosting, maka anda bisa mengamati kondisi dari layanan shared anda. Coba lihat apakah ada batasan bandwidth yang ditetapkan untuk anda. Jika anda, maka kemungkinannya website anda sudah memerlukan upgrade jika anda sudah sering menemui batasan bandwidth ini. Tapi jika bandwidthnya unlimited, maka website anda sudah memerlukan upgrade saat website anda sudah mulai terasa sangat berat dan lama untuk terbuka.

Anda bisa melakukan upgrade paket ini dengan membeli paket yang lebih besar atau sekalian naik ke server VPS. Yang dimaksud dengan server VPS ini adalah sebuah layanan yang membagi satu server menjadi beberapa bagian dan setiap bagian di dedikasikan untuk satu akun saja. Jadi anda bisa menguasai semua sumberdaya yang cukup besar jika anda menggunakan paket VPS ini. Ini akan memberikan trafik dan bandwidth yang sangat besar untuk website anda sehingga anda bisa menangani hingga puluhan ribu kunjungan per hari tanpa masalah.

Jika ternyata website anda sudah bisa mendapatkan trafik hingga puluhan ribu dan ratusan ribu per hari, maka mungkin anda mau mempertimbangkan untuk menggunakan dedicated server. Dedicated server ini akan membantu anda untuk mendapatkan kestabilan dan kecepatan website yang sangat baik di jumlah kunjungan yang sangat tinggi. Semuanya ini bisa membantu anda mendapatkan user experience yang baik untuk website anda.

Tinggalkan Balasan