Apa Itu Sertifikat ISO 9001?

Saat ini ada banyak sekali perusahaan-perusahaan yang berusaha mendapatkan sertifikat ISO. Hal itu dikarenakan sertifikat ISO merupakan sebuah jaminan kualitas atas sebuah produk ataupun layanan jasa. Setiap usaha yang bisa mendapatkan sertifikat ISO ini biasanya akan lebih mudah untuk meyakinkan konsumen mereka akan kualitas dari produk ataupun layanan jasa yang mereka tawarkan meskipun produk dan layanan jasa tersebut masih baru.

Hal itu dikarenakan sertifikat ISO sudah merupakan standar internasional dalam penentuan kualitas dari berbagai aspek industri. Jadi perusahaan-perusahaan yang berhasil mendapatkan sertifikat ISO ini biasanya adalah perusahaan yang memang sudah bisa memenuhi standar kualitas dari industrinya.

Ada banyak perusahaan yang mengandalkan promosi di televisi untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari publik. Namun pada akhirnya publik tetap memerlukan berbagai sertifikat untuk meyakini kondisi dari produk atau layanan jasa yang mereka gunakan. Sebagai contoh jikalau anda bergerak di bidang makanan ataupun kosmetik dan obat-obatan maka biasanya anda akan memerlukan sertifikat halal, sertifikat ISO, dan sertifikat depok.

Masyarakat menuntut adanya sertifikat-sertifikat ini untuk meyakini bahwa mereka akan bisa mengkonsumsi produk anda dengan aman. Inilah yang membuat ada banyak sekali orang yang berusaha mendapatkan sertifikat ISO untuk produk-produk mereka. Salah satu sertifikat yang paling banyak diinginkan oleh para pengusaha adalah sertifikat ISO 9001.

Sertifikat ISO 9001 adalah sebuah sertifikat yang memberikan jaminan manajemen mutu atas sebuah produk ataupun jasa. Sertifikat inilah yang paling terkait dengan kebutuhan konsumen di pasar. Kita bisa mengambil contoh penjualan produk-produk kosmetik atau produk-produk perkantoran biasanya akan sangat memperhatikan sertifikat ISO ini.

Jika tenaga marketing tidak bisa menunjukkan bahwa produk mereka sudah memenuhi standar ISO maka biasanya perkantoran yang harus menyediakan logistik untuk usaha mereka tidak akan mengambil produk tersebut. Dari sini kita bisa melihat bahwa sertifikat ISO bisa sangat mempermudah pekerjaan dari pemasaran. Walaupun produk mereka masih baru mereka bisa memperlihatkan kepada konsumen mereka bahwa produk mereka sudah memenuhi standar yang sama dengan produk-produk lain.

Jadi biasanya produk baru akan bersaing dengan menurunkan harga. Hal ini mereka lakukan sebagai bentuk upaya promosi mereka dalam menggaet pelanggan. Dari sini kita bisa melihat bagaimana peranan dari sertifikat ISO ini. Jika anda tertarik untuk mendapatkan sertifikat ISO ini anda bisa menghubungi lembaga audit sertifikat ISO.

Akan ada konsultan ISO yang mengunjungi kantor anda untuk melakukan audit atas semua proses yang terjadi di kantor anda. Setelah proses audit itu anda bisa mendapatkan sertifikat ISO ataupun juga mendapatkan beberapa rekomendasi perbaikan. Anda harus melakukan rekomendasi perbaikan ini dengan konsisten jika kalau anda ingin mendapatkan sertifikat ISO.

Setelah anda mendapatkan sertifikat ISO itu anda bisa menggunakannya untuk 3 tahun kedepan. Sertifikat ISO mempunyai batas waktu penggunaan yang harus diperpanjang setiap 3 tahun sekali. Ini adalah sistem yang diterapkan untuk memastikan agar setiap pemilik sertifikat ISO mendapatkan pengawasan secara rutin.

Tinggalkan Balasan