Ketahui Tips Merenovasi Desain Tampak Depan Rumah

Membeli rumah lama lalu merombaknya menjadi tampilan baru bisa menarik bagi mereka yang ingin menciptakan rumah impian mereka. Untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya ini menjadi tantangan tersendiri. Demikian pula, setiap proyek renovasi tampaknya rumit, namun dapat berjalan lebih lancar jika Anda mengetahui beberapa triknya.

Renovasi atau remodeling adalah suatu proses merombak, memperbarui, memperbaiki, atau menyempurnakan struktur. Atau bisa pula memberi desain tambahan pada bangunan atau rumah. Banyak pula yang mendahulukan bagian depan rumah sehingga mencari tips merenovasi desain tampak depan rumah. Renovasi rumah juga biasanya mencakup tugas pemeliharaan, perbaikan, dan servis secara umum.

 

Berikut adalah 7 tips untuk dapat memaksimalkan investasi dan mempermudah pekerjaan renovasi Anda di kemudian hari:

1. Rencanakan Lebih Awal

Mempertimbangkan berbagai pilihan produk dan bahan bangunan lebih awal dapat mencegah penundaan di kemudian hari. Pastikan untuk menyertakannya dalam perhitungan saat membandingkan harga. Pikirkan pula biaya pemeliharaan jangka panjang, penghematan energi, dan biaya perbaikan yang bisa meningkat dengan pesat. Perencanaan lebih awal dapat membantu Anda menghemat anggaran.

2. Pelajari Lingkungan Sekitar

Tips merenovasi desain tampak depan rumah selanjutnya adalah memahami struktur daerah tertentu yang sering kali dipandang remeh. Mengenali dan menghargai karakter yang berbeda dan menggabungkan pola-pola bangunan setempat ke dalam desain depan rumah Anda dapat memperkuat kerangka kontekstual daerah itu dan berkontribusi terhadap pola unik sebuah tempat.

3. Kenali Rumah Anda

Pahami bagaimana cara merancang rumah dan bagian depannya dengan mudah. Ini tidak berarti sekadar memadukan desain konstruksi baru dengan desain lama. Untuk merombak rumah dengan cara berbeda, Anda harus menggabungkan pola, bentuk, dan infrastruktur perencanaan lama dan yang baru.

4. Pelajari Struktur Lama

Pahami bagaimana merancang secara aman dengan cara mengenali struktur rumah Anda. Sebaiknya merancang, menambah atau merombak rumah disesuaikan dengan persyaratan peraturan bangunan yang berlaku di wilayah Anda.  Pelajari strukturalnya misalnya dengan ide unik mengadaptasi struktur tradisional jawa dari rumah joglo yang dipadukan desain modern dengan pola-pola dan bentuk geometris serta bahan bangunan modern namun sederhana.

5. Material Tahan Lama

Tips merenovasi desain tampak depan rumah selanjutnya pilihlah bahan bangunan yang selain aman, hemat dan tahan lama, namun juga dapat melindungi keluarga Anda dari setiap pergantian musim. Selain itu, pertimbangan dengan bijak dan akurat setiap tekstur, pola, dan warna atap, dinding, dan lantai depan rumah untuk mengekspresikan identitas arsitektur rumah agar tidak terjadi kekacauan visual.

6. Rumah Segala Zaman

Pada proyek renovasi depan rumah sederhana, tetap jangan berpikiran sempit. Pikirkanlah bahwa Anda menginvestasikan banyak uang dan waktu untuk merombak rumah, jadi pastikan desain renovasinya dapat bertahan lebih lama. Selain itu, saat merencanakan rumah yang tahan lama, pertimbangkan aksesibilitas dan desain yang universal. Jika bukan untuk diri sendiri, pikirkan desain terbaik untuk anak-anak dan orang lanjut usia yang mungkin akan datang berkunjung. Rumah yang memiliki akses mudah juga dapat memiliki nilai jual yang tinggi.

7. Libatkan Jasa Renovasi

Arsitek dan kontraktor umumnya lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan renovasi rumah. Tetapi, tidak ada salahnya minta beberapa saran dan pemikiran menarik untuk Anda. Langkah seperti ini akan membuat Anda menghemat uang untuk proyek perbaikan atau pemeliharaan jangka panjang.

Itulah beberapa tips merenovasi desain tampak depan rumah yang akan membuat Anda melakukan hal yang lebih efektif dalam merenovasi. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan