Sertifikat ISO dan Cara Mendapatkannya

Sertifikat ISO saat ini sedang banyak dicari oleh berbagai perusahaan yang ingin memperluas jangkauan pemasaran mereka. Sertifikat ISO ini dianggap akan mempermudah mereka untuk memperkenalkan produk mereka di pasar yang baru. Hal itu dikarenakan sertifikat ISO ini merupakan jaminan standar kualitas yang sudah dikenal secara meluas di masyarakat.

Jadi jika salah satu produk atau jasa mendapatkan sertifikat ISO, maka dengan sendirinya masyarakat akan mengetahui bahwa produk atau jasa itu sudah memenuhi standar kualitas yang diharapkan dari industri produk tersebut.

Adapun setiap bentuk industri produk maupun jasa mempunyai kriteria ISO yang berbeda. Jadi jika salah satu perusahaan ingin mendapatkan sertifikat ISO maka dia harus memenuhi standar kualitas dibidangnya.

Untuk mendapatkan sertifikat ISO ini anda bisa menghubungi lembaga sertifikasi ISO. Lembaga sertifikasi ISO ini adalah lembaga yang diberikan kewenangan untuk mengeluarkan sertifikat ISO oleh badan internasional.

Lembaga inilah yang akan mengadakan audit dan survei di perusahaan anda sebelum menentukan apakah perusahaan anda memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat ISO.

Jika anda ingin mendapatkan sertifikat ISO ini maka anda harus bisa memenuhi standar prosedur dan juga standar kualitas untuk produk dan jasa yang anda daftarkan. Akan ada pemeriksaan untuk prosedur wajib dan juga prosedur kerja di setiap departemen. Hal ini termasuk pemeriksaan sistem manajemen di dalam perusahaan anda.

Sedangkan untuk standar pemeriksaan kualitas atau mutu dari produk dan jasa anda akan melewati suatu program survei.

Sebelum bisa mendapatkan sertifikat ISO ini produk ataupun jasa anda akan melalui dua tahapan penilaian. Tahap pertama adalah tahap dimana kondisi mula-mula dari perusahaan anda akan diaudit oleh tim dari lembaga sertifikasi ISO.

Tim ini akan memberikan masukan atau rekomendasi perbaikan yang diperlukan jikalau ditemukan masalah pada sistem usaha anda. Setelah itu akan diadakan audit untuk implementasi dan rekomendasi yang telah diberikan untuk perusahaan anda. Audit ini akan menilai apakah anda sudah melakukan rekomendasi yang diberikan atau belum.

Anda akan dinyatakan lulus dan memperoleh sertifikat ISO ini jikalau tidak ditemukan kesalahan minor ataupun kesalahan mayor pada perusahaan anda. Yang dimaksud dengan kesalahan minor adalah jika perusahaan anda tidak menerapkan standar yang ditentukan dengan konsisten.

Sedangkan yang dimaksud dengan kesalahan mayor adalah jika perusahaan anda tidak melakukan satu atau beberapa prosedur yang diwajibkan oleh lembaga sertifikasi.

Jikalau anda mengajukan permintaan untuk sertifikasi ISO ini maka anda tentunya harus mempersiapkan biaya untuk proses sertifikasi.

Ada biaya audit surveilans dan ada biaya audit sertifikasi. Biaya-biaya ini bisa saja berbeda antar lembaga sertifikasi ISO tetapi biasanya perbedaan biaya tidak terlalu besar.

Jika di akhir audit perusahaan anda dinyatakan bisa menerima sertifikat ISO, maka perusahaan anda akan bisa menggunakan sertifikat ISO selama 3 tahun. Setelah 3 tahun maka perusahaan anda akan diminta untuk melakukan perpanjangan sertifikat tersebut.

Ini adalah sistem yang dibuat agar setiap perusahaan mendapatkan pengecekan atau pemeriksaan ulang untuk melihat apakah mereka melakukan prosedur sesuai standar yang diberikan oleh lembaga sertifikasi ISO.

Tinggalkan Balasan